Cari Blog Ini

Welcome To My Blog !! Enjoy Stay Here...

Minggu, 15 April 2012

Ketahui Kondisi Suhu Notebook

Notebook kini sudah menjelma menjadi trend berkomputer. Banyak orang yang lebih memilih notebook daripada komputer desktop atau PC. Hal ini dikarenakan notebook mudah dibawa-bawa dan memiliki aplikasi yang sama seperti pada komputer PC.

Salah satu masalah yang paling sering muncul pada notebook adalah soal suhu. Bentuknya yang padat, diiringi kerjanya yang berat, membuat alat itu sering kepanasan. Jika sudah begini, masalahnya bisa gawat. Kenapa? Karena suhu berlebih pada notebook bisa membuat komponen-komponen di dalamnya cepat rusak dan tidak awet. Kondisi terburuknya, mulai dari hardisk yang ‘meleleh’ hingga baterai yang meletup.
Oleh karena itu, ada baiknya bila kita selalu memantau kondisi suhu notebook yang sedang digunakan. Dengan demikian, kita tahu kapan waktunya harus mengistirahatkan notebook.
coretemp-cek-suhu-notebook
Berikut ini adalah 3 aplikasi yang bisa digunakan untuk memantau suhu notebook Anda:
1. RealTemp
Aplikasi ini dapat digunakan untuk memantau suhu pada komputer yang menggunakan prosesor Intel. Aplikasi ini support untuk sistem operasi Windows 2000 / XP / Vista / Windows 7 (32/64 bit).
Download aplikasi RealTemp disini: TechPowerUp.com
2. CoreTemp
Kalau RealTemp hanya bisa digunakan untuk komputer yang menggunakan prosesor Intel, maka CoreTemp bisa bekerja hampir pada prosesor Intel dan AMD. Salah satu fitur menariknya adalah CoreTemp bisa melakukan logging atau pencatatan. Aplikasi ini bisa melihat rekam jejak naik turunnya suhu prosesor selama periode waktu tertentu, data yang dihasilkan pun bisa diolah menjadi sebuah grafik yang ciamik lewat aplikasi spreadsheet seperti OpenOffice.org Calc maupun Microsoft Office Excel.
Download aplikasi CoreTemp disini: ALCPU.com
3. SpeedFan
Aplikasi ini dapat membaca suhu motherboard dan hardisk, membaca tegangan listrik dan kecepatan kipas serta memantau status hardisk. Selain itu SpeedFan juga bisa digunakan untuk mengatur kecepatan kipas. Aplikasi ini support untuk sistem operasi Windows 9x, ME, NT, 2000, 2003, XP dan juga Vista (termasuk Vista 64bit).
Download aplikasi SpeedFan disini: ALmico.com
Prev Next home