Cari Blog Ini

Welcome To My Blog !! Enjoy Stay Here...

Minggu, 15 April 2012

Mengatasi Memory Card Yang Rusak


Hampir setiap handphone kini memiliki fasilitas untuk ditambahkan memori eksternal, memory card. Memori card ini berfungsi sebagai tempat instalasi aplikasi tambahan ataupun sebagai media penyimpanan seperti foto, musik, video atau lainnya
.
Meski harga memori card kini semakin murah, namun tentunya sayang bila suatu ketika memori card kita mengalami kerusakan seperti hang/rusak sehingga tidak bisa digunakan untuk menyimpan file atau bila memori card dipasang di handphone menjadikan handphone tidak bisa berfungsi normal.
Kebanyakan penyebab memori card rusak adalah karena sistem file yaitu memory corrupt yaitu konten yang tidak dapat terdeteksi atau tidak bisa dibuka. Untuk mengatasi hal tersebut maka mau tak mau kita harus memformat ulang. Adapun caranya adalah:
  1. Lepas kartu memori dari handphone
  2. Cari drive kartu memori (lihat di menu Windows Eksplorer), misalnya pada drive (D,E,F,G,H atau lainnya). Jika memori sudah terbaca, klik tombol kanan mouse, kemudian pilih menu “Format”.
  3. Selanjutnya muncul pilihan jenis format (FAT, FAT32 dan NTSC), pastikan untuk memilih sistem format file FAT.
  4. Klik tombol “Format Now” dan tunggu hingga selesai.
Namun jika muncul pesan “error” kemudian PC tidak bisa memformat lagi meski sudah dicoba berkali-kali, maka gunakan cara lain yaitu dengan format lewat menu Command Line.
Adapun cara format memori card melalui Command Line adalah sebagai berikut:
  1. Di PC, klik Start >> Run, dan ketik CMD. Kemudian akan muncul jendela Command pada mode DOS prompt.
  2. Selanjutnya ketik FORMAT h: / FS:FAT
    (h=drive letak kartu memori, jika kartu memori terletak di drive g, maka tulis g)
  3. Tunggu hingga selesai.
Jika sudah menggunakan sistem format melalui Command Line namun masih muncul masalah pada kartu memori, maka kemungkinan ini terjadi kerusakan fisik dalam sistem penyimpanan memori card tersebut. Mau tak mau kita harus menggantinya dengan yang baru.

*Selamat Mencoba ^_^*
Prev Next home